Jalan Sukses

Minggu, 24 Oktober 2010

Hunian Idaman nan Ramah Lingkungan

Memiliki rumah bagus adalah idaman semua orang, termasuk saya. Tetapi kalau kita cermati, rumah yang bagus dan mewah belum tentu ramah lingkungan dan sehat. Sebagai orang awam tentang tehnik konstruksi, setidaknya saya memiliki angan-angan tentang sebuah rumah yang sehat dan ramah lingkungan. Rumah yang sehat tentu saja harus memenuhi syarat-syarat kesehatan, misal (1) bahan material yang digunakan ramah lingkungan, (2) lantai kedap air, (3) pencahayaan dan ventilasi cukup, (4) proporsi luasan dan penghuni seimbang/tidak padat, (4) fasilitas sanitasi sesuai standar, dll.
Dan kriteria ramah lingkungan adalah bila sebuah hunian dapat meminimalkan efek limbah yang dihasilkan. Begini konsepnya : (1) septict tank diubah menjadi reaktor biogas yang bisa digunakan untuk masak dan pencahayaan, (2) air limbah diolah melalui penyaringan untuk memelihara ikan skala rumah tangga, sirkulasi air ke kolam dapat menggunakan kincir angin mini, (3) limbah akhir buangan kolam ikan digunakan untuk penyiraman tanaman sayuran/buah di pekarangan, (4) energi listrik dipasok dari panel-panel tenaga surya. Bila tinggal di daerah pedesaan akan lebih afdol lagi bila dikombinasi dengan beternak kelinci, untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga.
Bagaimana? mimpi sederhana saya cukup bisa membuat hidup nyaman bukan? saya sudah memulai secara bertahap berkonsep rumah tumbuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar